Tes RMIB menurut sejarahnya disusun oleh Rothwell
pertama kali pada tahun 1947. saat itu tes hanya memiliki 9 jenis kategori dari
jenis-jenis pekerjaan yang ada. kemudian pada tahun 1958, tes diperluas dari 9
kategori menjadi 12 kategori oleh Kenneth Miller. dan sejak itu,
maka tes interest tersebut sebagai Test Interest.
Hal –hal yang merupakan kekhususan dari tes ini adalah:
- Dapat dimasukkan kedalam susunan batarry tes
- Lebih mudah dikerjakan oleh subjek
- tugas pengisian dari tes ini akan menimbulkan interest subjek dan kerjasama yang aktif sifatnya.
- Skor dapat disusun dengan lebih cepat
- Lebih cocok apabila diberikan kepada orang dewasa
- Hasil keseluruhan dari tes akan memperlihatkan pola interest dari subjek
Tes ini disusun dengan tujuan untuk mengukur interest
seseorang berdasarkan sikap seseorang terhadap suatu pekerjaan, hal yang
didasarkan atas ide-ide stereotype terhadap pekerjaan yang bersangkutan.
Pemikiran yang mendasari pembentukan tes ini adalah bahwa setiap orang memiliki
konsep-konsep stereotype terhadap jenis-jenis pekerjaan yang tersedia atau yang
disediakan oleh masyarakat, dan yang kemudian memilih pekerjaan yang sesuai
dengan ide-ide tersebut, meskipun terdapat juga stereotype yang tidak
berdasarkan ide tertentu atau tidak ada hubungannya sama sekali dengan
pekerjaan yang dimaksud. Stereotype seperti ini lebih banyak mendasarkan konsepnya
pada hal-hal yang menarik daripada hal-hal yang merupakan kekhususan dari
pekerjaan tersebut, dan keadaan semacam ini sangat memungkinkan terjadinya atau
timbulnya stereotype yang benar atau salah sama sekali.
Misalnya saja stereotype dari pegawai bank adalah orang yang
selalu berhubungan dengan pembayaran atau uang adalah benar . tetapi pendapat
umum yang mengatakan bahwa pekerjaan seorang pramugari adalah pekerjaan yang
penuh dengan hal-hal yang menyenangkan, seperti jalan-jalan keluar negeri, gaji
besar dan sebagainya adalah tidak sesuai dengan kenyataan, seperti tugas
melayani penumpang yang justru merupakan tugas pokok dari seorang pramugari.
Tapi tujuan terpenting dari tes ini bukanlah hanya sekedar
untuk mengetahui kebenaran dari stereotype tersebut, tetapi untuk mengetahui
bahwa konsep tersebut benar-benar ada dan dapat merupakan pengaruh yang kuat
terhadapa konsep-konsep seseorang mengenal suatu pekerjaan karena biasanya
apabila seseorang menyatakan suka atau tidak suka terhadapa suatu pekerjaan
tertentu, maka mereka juga memperlihatkan sikap yang sama terhadapnya idenya,
meskipun secara kenyataan banyak pekerjaan yang berbeda dengan konsepnya.
Selanjutnya akan diuraikan tentang :
Selanjutnya akan diuraikan tentang :
- Materi tes
- Administrasi
- Cara scoring dan
- Interpretasi
A) MATERIAL TES RMIB
Tes interest Rothwell-miller
merupakan suatu formulir yang berisikan suatu daftar pekerjaan yang disusun
menjadi 9 kelompok dengan kode huruf dari A sampai I dan dibedakan antara pria
dan wanita. Masing-masing kelompok pekerjaan tertentu dengan alas an bahwa
banyak pekerjaan yang dapat digolongkan menjadi satu jenis kategori.
Adapun ke 12 kategori tersebut adalah :
1.
Outdoor
Pekerjaan yang aktifitasnya
dilakukan diluar atau di lapanagn terbuka.
Untuk laki-laki : petani, juru ukur, nelayan, supir.
Untuk wanita : ahli pertamanan, peternak, petani bunga dan
tukang kebun
2.
Mechanical
Pekerjaan yang berhubungan dengan
mesin, alat-alat dan daya mekanik.
Untuk laki-laki : insinyur sipil, montir, pembuat
arloji, tukang las.
Untuk wanita : ahli kacamata, petugas mesin sulam, ahli
reparasi permata, ahli reparasi jam.
3.
Computational
Pekerjaan yang berhubungan dengan
angka-angka.
Untuk laki-laki : akuntan, auditor, kasir, petugas
pajak.
Untuk wanita : pegawai urusan gaji, juru bayar, pegawai
pajak, guru ilmu pasti.
4.
Scientific
Pekerjaan yang dapat disebut sebagai
keaktifan dalam hal analisa dan penyelidikan, eksperimen, kimia dan ilmu
pengetahuan pada umumnya.
Untuk laki-laki : ilmuwan, ahli biologi, ahli
astronomi dan insinyur kimia industri
Untuk wanita : ilmiahwati,ahli biologi, ahli pertanian, ahli botani, ahli astronomi, asisten laboratorium
Untuk wanita : ilmiahwati,ahli biologi, ahli pertanian, ahli botani, ahli astronomi, asisten laboratorium
5.
Personal
Contact
Pekerjaan yang berhubungan dengan
manusia, diskusi, membujuk, bergaul dengan orang lain. Pada dasarnya adalah
suatu pekerjaan yang membutuhkan kontak dengan orang lain.
Untuk laki-laki : penyiar radio, petugas wawancara,
sales asuransi, pedagang keliling.
Untuk wanita : sales girl, pegawai rumah mode, penyiar
radio, petugas humas.
6.
Aesthetic
Pekerjaan yang berhubungan dengan
hal-hal yang bersifat seni dan menciptakan sesuatu.
Untuk laki-laki : seniman, artis, arsitek, decorator, fotografer
dan piñata panggung
Untuk wanita : seniwati, guru kesenian, artis, piñata
panggung
7.
Literary
Pekerjaan yang berhubungan dengan
buku-buku, kegiatan membaca dan mengarang.
Untuk laki-laki : wartawan, pengarang, penulis
scenario, ahli perpustakaan, penulis majalah.
Untuk wanita :
wartawan, kritikus buku, penyair, penulis sandiwara radio.
8.
Musical
Minat memainkan alat-alat music atau
untuk mendengarkan orang lain, bernyanyi atau membaca sesuatu yang berhubungan
musik
Untuk laki-laki : pianis konser, komponis, pemain
organ, ahli pustaka dan pramuniaga toko musik.
Untuk wanita : pemain organ, guru music, komponis, pianis
konser, pramuniaga toko music.
9.
Social
service
Minat terhadap kesejahteraan
penduduk dengan keinginan untuk menolong dan membimbing atau menasehati tentang
problem dan kesulitan mereka. Keinginan untuk mengerti orang lain, dan
mempunyai ide yang besar atau kuat tentang pelayanan.
Untuk laki-laki : guru SD, psikolog pendidikan, kepala
sekolah, penyebar agama, petugas palang merah.
Untuk wanita : guru SD, psikolog pendidikan, petugas
kesejahteraan social, ahli penyuluh jabatan, petughas palang merah.
10. Clerical
Minat terhadap tugas-tugas rutin
yang menuntut ketepatan dan ketelitian.
Untuk laki-laki : manajer bank, petugas arsip, petugas
pengiriman barang, pegawai kantor, petugas pos, petugas ekspedisi(surat).
Untuk wanita : sekertaris pribadi, juru ketik, penulis
steno, pegawai kantor, penyusun arsip.
11. Practical
Minat terhadap pekerjaan-pekerjaan
yang praktis, karya pertukangan, dan yang memerlukan keterampilan.
Untuk laki-laki : tukang kayu, ahli bangunan, ahli
mebel, tukang cat, tukan batu, tukang sepatu.
Untuk wanita : ahli penata rambut, tukang bungkus coklat,
tukang binatu, penjahit, petugas mesin sulam, juru masak.
12. Medical
Minat terhadap pengobatan,
mengurangi akibat dari penyakit, penyembuhan, dan di dalam bidang medis, serta
terhadap hal-hal biologis pada umumnya.
Untuk laki-laki : dokter, ahli bedah, dokter hewan,
ahli farmasi, dokter gigi, ahli kacamata, ahli rontgen.
Untuk wanita : dokter, ahli bedah, dokter hewan, pelatih
rehabilitasi pasien, perawat orang tua.
B) ADMINISTRASI RMIB
Tes
interest Rothwell-Miller (RMIB) dapat diberikan kepada seseorang secara
perseorangan ataupun masal. kepada mereka diinstruksikan untuk membuat rengking
dari daftar pekerjaan yang tersedia dalam formulir tes. Rengking di mulai
dengan no 1 untuk pekerjaan yang paling disukai dalam satu kelompok dan
berakhir dengan no 12 untuk pekerjaan yang paling tidak disukai, sesuai dengan
jumlah pekerjaan yang terdapat satu kelompok.
Instruksi
biasanya sudah terdapat dalam formulir sehingga bagi mereka responden yang
sudah dewasa dapa di instruksikan untuk membaca sendiri kecuali untuk orang
dewasa yang mempunya intelejensi rendah.
Bagi yang
terakhir ini di adakan pengevualian, disebabkan karna mereka di anggap atau di
ragukan kemampuannya untuk memahami maksud instruksi yang terrtulis, sehingga
perlu di berikan beberapa contoh untuk dapat mengerjakannya dengan tepat.
Bahkan ini pun masi harus di lengkapi dengan memeriksanya setiap saat untuk
mencegah kemungkinan berbuat kesalahan.
Instruksi secara mendetai adalah sebagai berikut :
- Pertama-tama katakan kepada mereka : “Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah lama, dan keteramngan-keterangan lain mengenai diri sudara di kolom yang sudah disediakan di sebelah atas dalam formulir”.
- Sesudah beberapa saat, di lanjutkan : “Kemudian bacalah instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut” BUnyi instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan sodara temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam nenerapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan merukan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang sodara sukai. akan tetapi disini sodara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin sodara lakukan atau paling sodara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan sodara terima atau apakah sodara akan berhasil dalam mengerjakannya. Tugas sodara adalah mencamtumkan no atau angka di belang setiap pekerjaan perkelompok, mulai dengan n0 1 untuk pekerjaan yang anda sukai dan seterusnya sampai no 12 untuk pekejaan yang paling tidak disukai.Bekerjalah dengan secepatnya dan tuliskan nomor-nomor sesuai dengan keinginan sodara yang pertama. Jangan ada yang terlewatkan.
- Di beri waktu lagi untuk beberapa saat, dan….. ;“Ada pertanyaan?” Untuk responden dengan intelejensi yag rendah dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut :“ Seandainya saudara mempunyai suatu daftar beberapa buah-buahan misalkan jeruk, nanas, dan rambutan. dan kemudian saya tanyakan kepada soudara buah mana yang paling anda sukai. apabial sodara paling suka buah mangga maka sodara tulis no atau angka 1 di belakang mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya, maka angka sodara tulis angka 2 di belakang nanas. demikian seterusnya sehingga di belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukan urutan dari buah-buah kesukaan sodar. Sekarang sodara sudah harus mengerjakan seperti tadi akan tetapi daftar yang terdapat di dalam formulir ini adalah daftar pekerjaan bukan daftar buah-buahha. Disini juga sodara harus memilih pekerjaan mana yang paling anda sukai beri angka 1 di belakangannya, nomor 2 untuk pekerjaan yang anda sukai dan demikian seterusnya. sehingga semua mempunyai angaka di belakangnya yaitu no 1 sampai dengan no 12.
- Apabila tidak terdapat pertanyan maka instruksi data di teruskan: “sekarang kerjakan, dan lengkapilah formulir itu sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberpaa pekerjaan yang belum atau kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya dibagian akhir formulir ini.
- Apabila saudara membuat kesalahan coretlah no yang salah tersebut dan tulislah angka ynag benar di samping angka yang salah. Sodara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan formolir tersebut.
Kemudian sesudah responden selesai
mengisi atau membuat rengking kepada mereka di instruksikan untuk menulis 3
jenis pekerjaan yang di sukainya, tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang
terdapat di dalam daftar. boleh menulis pekerjaan yang terdapat dalam daftar
boleh juga tidak. Waktu pengambilan tes tidak terbatas akan tetapi biasanya
seorang dewasa dapat mengerjakannya 20 menit
.
C) CARA PENGISIAN RMIB
Rangking dari kelompok A di masukkan
kedalam kerangka sesuai dengan aslinya. Rangking kelompok B di mulai dari kolom
Me Kelompok C di mulai dari kolom Comp, dan seterusnya sehingga dalam kelompok
akhir akan terdapat bahwa jenis pekerjaan yang letaknya terbawa dalam susunan
daftar pekerjaan akan menjadi paling atas dalam kelompok tabulasi.
D) CARA SKORING RMIB
Sesudah rangking di buat oleh responden, maka
hasil rangking tersebut kemudian di pindahkan ke dalam suatu kerangka yang
terdapat di bagian terakhir dari formulir tes ini.
0 komentar:
Posting Komentar